Wujudkan Efisiensi, Efektivitas, dan Akuntablitas Pemerintahan Desa/kelurahan

By Admin


nusakini.com-Badung-Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dalam hal ini diwakil Sekretaris Jenderalnya Hadi Prabowo menyampaikan pesan strategis dihadapan peserta Lokakarya Desa dan Kelurahan Tahun 2018, sebelumnya Sekjen Kemendagri menyampaikan permohonan maafnya karena Mendagri tidak dapat menghadiri acara Lokakarya sehingga memandatkan untuk mewakilinya pada acara Lokakarya dan Penyerahan Penghargaan Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2018 di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Badung, Bali Jumat (19/10). 

Ia juga tidak lupa memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada tuan rumah penyelenggara Bupati Badung “Saya ucapkan terima kasih Pak Bupati Badung yang sudah memfasilitasi pertemuan kali ini di Garuda Wisnu Kencana, nanti dijadikan percontohan untuk diimplementasikan di daerah seluruh indonesia. Kata Hadi. 

Dalam sambutannya Hadi menyampaikan pesan strategis di hadapan aparatur desa dan kelurahan. Poin pertama yang disampaikan berkenanan pentingnya jajaran aparatur desa mewujudkan efisiensi, efektivitas dan tingkat akuntabilas di lingkup pemerintahan desa dan kelurahan. Ia sampaikan bahwa “ pentingnya perangkat desa dan kelurahan dapat mewujudkan efisiensi dan efektivitas serta tingkat akuntablitas di dalam penyelenggaran pemerintahan desa dan keluarahan. Poin kedua yang Hadi sampaikan terkait perlunya mencermati pelaporan pertanggunjawaban dari pengelolan keuangan bantuan atau dana desa”. 

“Desa merupakan miniatur dari sistem ketenagakerjaan Indonesia dan desa adalah ujung tombak di dalam penyelenggaran pemerintahan maupun upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat”. 

Selain itu, Hadi juga tidak lupa mengingatkan kembali kepada para peserta Lokakarya sebagaimana penekanan dari pesan Bapak Presiden Joko Widodo, bahwa “jajaran pemerintahan desa dan kelurahan harus mampu merubah pola pikir, daya kerja dan tentunya sudah menerapkan IT diera digital saat ini”. Pungkasnya. (p/ab)